8 Cara Mudah Menghilangkan Bau (Prengus) pada Daging Kambing


     Halloooo semuaaaaa, berhubung besok itu hari raya Idul Adha, jadi aku mau ngasih tips gimana caranya ngilangin bau (prengus) di kambing. Langsung aja yaaa..... Cek it out.....

1.Arang

     Cara pertama untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah dengan menggunakan arang saat perebusan pertama daging kambing. Lebih tepatnya adalah arang di potong kecil-kecil, di cuci, lalu dimasukan kedalam rebusan pertama daging.

2.Kacang Hijau

     Cara kedua adalah dengan menambahkan 5 gram kacang hijau kedalam 1 kg daging kambing. Jadi, kalau daging kambingnya 2 kg kacang hijaunya 10 gram, begitu seterusnya.Caranya adalah dengan merebus daging dengan kacang hijau, setelah 10 menit, angkat dan tiriskan. Kemudian masak daging kambing sesuai dengan keperluan.

3.Kunyit dan Jahe

     Kita dapat menggunakan potongan kunyit dan jahe untuk menghilangkan bau pada daging kambing. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah kunyit yang digunakan jangan terlalu banyak, sebaiknya jumlah jahe saja yang lebih banyak. Proses ini berlangsung saat perebusan pertama daging kambing. Jadi, kita merebus daging kambing bersama potongan kunyit dan jahe.

4.Langsung Mengolah Daging

     Cara yang paling banyak digunakan oleh ibu-ibu di rumah adalah dengan langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih tanpa mencucinya sekalipun baik dengan air maupun dengan bahan yang lain. Bau dari daging tersebut memang akan hilang dengan sendirinya ASALKAN dimasak dengan cara yang benar yaitu sampai bumbunya benar-benar meresap dan dengan waktu yang cukup.Sebaiknya saat kita menggunakan cara yang satu ini, kita harus lebih berhati-hati jangan sampai kita memotong bagian yang terdapat banyak kotoran atau kita tidak sengaja membuat daging itu kotor, karena hal itu akan membuat kita terbujuk untuk membilas daging tersebut dengan air. Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja bulu itu dengan pelan. Daging kambing siap olah boleh disimpan di dalam lemari es sebelum dimasak sepanjang daging tersebut tidak dicuci dengan air.

5.Mentimun

     Cara lain untuk menghilangkan bau daging adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun dilumatkan, kemudian dicampur dengan daging kambing selama 10-15 menit sampai bau daging kambing tersebut dominan dengan bau mentimun.

6.Perasan Jeruk Nipis atau Limau

     Jeruk nipis atau Limau memang terkenal dengan kasiatnya menghilangkan bau amis atau prengus didalam bahan masakan, termasuk daging-dagingan. Oleh karena itu, sebelum kita mengolah daging, sebaiknya menggunakan perasan jeruk nipis atau limau untuk menghilangkan baunya.

7.Daun Jambu Klutuk

     Daun jambu klutuk juga dapat dipakai dalam proses perebusan daging untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya mudah yaitu dengan menambahkan beberapa lembar daun jambu klutuk dalam perebusan pertama daging. 

8.Cuka

     Cara yang terakhir menghilangkan bau daging adalah dengan memasukan cuka kedalam air rebusan daging. Setelah mendidih, tiriskan daging kemudian dimasak ulang sesuai keinginan.

     Demikian tips-tips yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah :)

No comments:

Post a Comment