Rangkuman Agama : Binatang Halal


Pengertian Binatang Halal

  • Binatang Halal adalah Binatang yang diperbolehkan (halal) untuk dimakan menurut hukum syariat islam.

Macam-macam Binatang Halal

1.Binatang Air

Semua jenis binatang air adalah halal, baik berupa ikan atau bukan, yang mati karena ada penyebab tertentu maupun mati sendiri. Untuk binatang yang menyerupai binatang haram, seperti anjing laut dan babi laut, sebagian ulama mengharamkannya.

Firman Allah SWT :

Artinya :

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan, dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram, dan bertaqwalah kepada Allah yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan (QS. Al Maidah : 96)

2.Binatang Darat

Binatang darat yang halal dimakan banyak jenisnya. Misalnya sapi, unta, kerbau, kambing, kelinci, dan lainnya. Ciri-ciri binatang itu adalah tidak menjijikan, tidak kotor, tidak membahayakan bagi orang yang memakannya, dan sebagainya.

Firman Allah SWT :

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, patuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatng ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya. (QS. Al Maidah :1)
Selain binatang ternak, dihalalkan pula binatang seperti belalang, ayam, itik, angsa, serta sebangsa unggas lainnya. Ada beberapa jenis unggas yang diharamkan karena sebab-sebab tertentu, seperti burung elang dan burung gagak. Ini karena binatang itu tergolong binatang berkuku tajam.

Contoh Binatang Halal

Manfaat Binatang Halal

Makanan dan binatang yang halal berkaitan erat dengan kesehatan. Kesehatan itu menyangkut aspek kebersihan dan cara-cara yang baik dalam penyembelihan serta kesehatan bagi yang memakannya.

Firman Allah SWT :

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah. (QS. Al Baqarah : 172)

Manfaat Binatang Halal antara lain :

  • Dapat menyehatkan badan dan terpenuhi kebutuhan protein, gizi, dan kalori. Sehingga badan tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.
  • Dapat terhindar dari penyakit, sebab binatang yang halal dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan badan.
  • Meningkatkan kesucian jiwa.
  • Dapat menmghindarkan diri dari dosa, sebab kita telah menjaga dan menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan Allah.
  • Menyebabkan diterimanya amal ibadah dan doa oleh Allah SWT, sebab setiap barang yang halal untuk dikonsumsi memperoleh keridaan Allah.
  • Digolongkan kedalam orang yang soleh dan berakhlak mulia.
  • Mencerdaskan pikiran.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.


No comments:

Post a Comment