Pengertian Tari Menurut Berbagai Ahli


  1. Haukin : Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi sebagai ungkapan si pencipta.
  2. La Mery : Ekspresi yang berbentuk simbolis dalam wujud yang lebih tinggi harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.
  3. Kamaladevi Chattopadhyay : Tari adalah suatu instinct atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari.
  4. Kamaladevi Chattopadhyay : Tari adalah desakan perasaan manusia dalam dirinya yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak ritmis.
  5. Sussanne K Langer : Tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati melalui rasa ke dalam penghayatan ritme tertentu.
  6. Corry Hamstrong : Tari merupakan gerak yang diberi bentuk dalam ruang.
  7. Suryodiningrat : Tari merupakan gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.
  8. Cooric Hartong : Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk ritmis dari badan di dalam ruang.
  9. Judith Lynne Hanna : Tari adalah seni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.
  10. Aristoteles : Tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan karakter manusia, sebagaimana mereka bertindak dan menderita.
  11. Suadarsa Pringgo Broto : Tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.
  12. M. Jazuli : Tari adalah bahwa gerak-gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik.
  13. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi dengan bunyi-bunyian (musik, gamelan dan sebagainya).
  14. Curt Sach : Tari adalah gerak yang ritmis.
  15. HB. Datuk Tumbdijo : Tari adalah kegiatan ekspresi jiwa manusia yang merefleksikan keadaan nyata dalam suatu karya yang melibatkan gerak – gerak anggota tubuh (meliputi gerak kaki, kepala, badan, tangan dll) baik yang teratur maupun yang tidak teratur.
  16. John Martin : Tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal kehidupan manusia.
  17. Irmgrad Bartenieff & Forrestibe Paulay : Tari adalah bentuk seni yang eksprensiostis yang menjembatani reaksi jiwa seseorang dengan konflik dan problem dunia modern.
  18. K M A Theodara Retno Maruh : Tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat komporer,baik yang pernah terlupakan sekalipun.
  19. Jazuli : Irama musik sebagai pengiring dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan pencipta tari melalui penari.
  20. S. Humardani : Tari adalah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.
  21. Curt Sachs : Tari adalah gerakan yang berirama. Pengucapan jiwa manusia melalui gerak-gerik berirama yang indah.
  22. Drs. I Gede Ardika : Tari adalah sesuatu yang bisa disatukan dalam berbagai hal hingga semua orang dapat menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut caranya masing-masing.
  23. Atik Sopandi S.Kar : Seni tari ialah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis dan melodi yang indah.
  24. Ensiklopedia : Seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musik dan ada yang tidak.

No comments:

Post a Comment