Rangkuman Bahasa Indonesia : Menyusun Iklan, Poster, Slogan dan Imbauan


Iklan, poster, slogan, dan imbauan memiliki kesamaan pengertian, yaitu mempengaruhi masyarakat pembaca.

1.Iklan

  • Berita pesanan, permintaan kepada masyarakat tentang benda/jasa yang ditawarkan.
  • Tujuan iklan memikat, menganjurkan pembaca, penonton, pendengar, agar membeli/menggunakan barang/jasa yang ditawarkan.
  • Ciri iklan pasti mengandung pujian sebagai daya tarik barang.

Yang harus diperhatikan dalam menyusun iklan :

  • Bahasanya mudah dimengerti.
  • Bahasanya harus membentuk citra yang baik.
  • Bahasanya dapat menunjang pemasaran.
  • Bahasanya mudah diingat dan mengandung pujian.
Contoh : lebih baik dari naik vespa.

2.Poster

  • Plakat yang dipasang ditempat umum.
  • Biasanya berupa gambar yang berisi gagasan/pesan sehingga mudah dimengerti oleh orang yang melihat dan membaca.

Yang harus diperhatikan dalam menyusun poster :

  • Kalimat yang digunakan pendek dan jelas.
  • Kata-katanya lugas, sederhana, mudah dipahami.
  • Kalimatnya mengandung pesan yang tepat.
  • Bentuk huruf yang digunkan lugas dan besar (dapat dibaca dari segala arah).
Contoh : Narkotika Membawa Maut.

3.Slogan

Perkataan/kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat. Bertujuan untuk memberitahukan sesuatu, atau memberi semangat, misalnya menjelaskan tujuan suatu organisasi, semangat daerah tertentu, dan yang lain.

Yang harus diperhatikan dalam menyusun kalimat slogan :

  • Kalimat yang digunakan pendek, menarik, dan penuh isi.
  • Kalimatnya mudah diingat, mencolok.
  • Kalimatnya faktual, tidak bohong.
Contoh : Yogyakarta Berhati Nyaman.

4.Imbauan

  • Ajakan agar pembaca atau pendengar menerima, sekaligus mengajak pembaca atau pendengar agar dengan suka rela melakukan sesuatu.

Yang harus diperhatikan dalam menyusun kalimat imbauan :

  • Bahasa yang digunakan tidak mengandung pertentangan.
  • Kalimatnya mudah dipahami.
  • Kata-katanya umum dan tidak sulit.
Contoh : Patuhilah Sopan Santun Berlalu Lintas.

No comments:

Post a Comment