Asal Usul Kehidupan


1. Teori Evolusi Biologi

     Sel yang pertama berasal dari cekungan pantai bersifat heterotrof. Sel yang bersifat heterotrof tersebut memanfaatkan bahan-bahan organik di pantai. Secara perlahan, kadar zat organik tersebut akan habis lebih cepat karena pemanfaatanya tidak sebanding dengan pembentukannya oleh tenaga alam. Akibatnya organisme mulai beradaptasi bagaimana membentuk biomolekul organiknya sendiri sehingga terbentuk organisme autotrof. Tokoh pencetusnya Alexander Oparin dalam bukunya Asal Mula Terjadinya Kehidupan (the Origin of Life).

2. Teori Evolusi Kimia


     Dibuktikan oleh Prof. Urey dibantu oleh asistennya Stanley Miller. Teorinya disebut Teori Evolusi Kimia Harold Urey (Teori Urey), Percobaannya disebut Percobaan Miller.


     Atmosfer purba kaya akan gas-gas seperti CH4 (metana), NH3 (amonia), H2O (Air), H2 (Hidrogen). Senyawa-senyawa anorganik tersebut bereaksi dengan bantuan energi radiasi sinar kosmis dan aliran listrik halilintar sehingga menghasilkan senyawa asam amino.
“Asam amino merupakan bagian sederhana (komponen dasar) protein, protein mengandung protoplasma, protoplasma merupakan isi dari sel, sel merupakan bagian terkecil dari mahluk hidup”
Jadi asam amino merupakan substansi dasar kehidupan.

3. Teori Abiogenesis (Generatio Spontanea)

     Teori ini menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari benda tidak hidup atau mahluk hidup ada dengan sendirinya. Tokoh pencetusnya Aristoteles dan John Nedham. Ilmuwan yang mendukung teori ini adalah Antonie van Leuwenhoek.
  • Aristoteles : Tanah yang direndam air akan muncul cacing.
  • John Nedham : Kaldu direbus dalam wadah selama beberapa menit kemudian wadah ditutup menggunakan gabus. Setelah beberapa hari terdapat bakteri dalam kaldu tersebut. John Nedham berpendapat bahwa bakteri berasal dari kaldu.
  • Antonie van Leuwenhoek : Adanya organisme dalam air rendaman jerami. Antonie berpendapat bahwa mikroorganisme muncul dari air rendaman jerami.

4. Teori Biogenesis

     Teori biogenesis menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari mahluk hidup sebelumnya. Omne Vivum Ex Ovo, Omne Ovum Ex Vivo.

a. Percobaan Francesco Redi

Kesimpulan : belatung berasal dari lalat yang hinggap di daging untuk bertelur

b. Percobaan Lazzaro Spallazani

Kesimpulan : Air yang keruh menunjukan bahwa terdapat kuman yang masuk ke air tersebut.

c. Percobaan Louis Pasteur

Kesimpulan : Air keruh menunjukan bahwa kuman dari udara dapat masuk ke dalam air saat posisi labu dimiringkan.

No comments:

Post a Comment